Pengadilan Tinggi
Pukul : 08:28:19 , Selamat Pagi !!
pnsrg

img_head
BERITA

SOSIALISASI PENGADDILAN NEGERI SERANG KEPADA SMAK BPK PENABUR SERANG

Nov10

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 440 Kali


Pengadilan Negeri/PHI/TIPIKOR Srrang Kelas 1A telah melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengenalan Pengadilan Negeri Serang Kepada Siswa-Siswi kelas 11 dan 12 SMAK PENABUR Serang yang berada dalam naungan yayasan BPK Penabur. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua PN Serang, Nurhadi, S.H., M.H.

"Menjadi hakim itu susah pendidikannya lama, jika adik adik cita citanya sebagai hakim maka belajarlah." Jelas Ketua PN Serang dalam sambutannya.

"Akan ada pendaftaran sebagai calon hakim, jika sudah siap menjadi hakim maka adik-adik juga harus siap untuk mutasi keseluruhan Indonesia. jadi, apakah adik-adik SMAK Penabur siap untuk menjadi hakim?" Lanjut Ketua PN Serang.

Kemudian Elfrida Tampubolon selaku Kepala Sekolah SMAK Penabur juga memberikan sambutannya.

"Peserta sosialisasi ini adalah sebagian siswa siswi jurusan IPA dan IPS kelas 11 dan 12. Kami berharap tahun depan ini bisa menjadi agenda rutin. Sehingga dapat menjalin suatu kerja sama sebagai pelajaran non akademik yang diterima oleh siswa". Ujar Kepala Sekolah

"Anak-anak mungkin sudah sering nonton sidang tapi baru kali ini masuk ke ruang persidangan. Kami sangat berterimakasih kepada pihak Pengadilan Negeri serang karena ini adalah pelajaran yang sangat berharga" Tambahnya.

Sosialisasi ini diadakan untuk memberikan gambaran terkait Pengadilan Negeri Serang, baik dalam hal-hal mengenai dasar hukum, tugas dan wewenang, staf, dan juga memberikan kesempatan bagi siswa-siswi untuk berkeliling melihat fasilitas dan layanan yang ada di PN Serang. Seperti PTSP, ruang sidang umum, ruang sidang anak, POSBAKUM, ruang jaksa, ruang pengacara, ruang menyusui, ruang tahanan, dan fasilitas lainnya.

PN Serang juga memberi kesempatan kepada peserta didik untuk dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi hakim, penuntut umum, panitera, dan lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengizinkan siswa dan siswa untuk mengambil momentum di kursi persidangan.

"Kesan pesan secara keseluruhan, yang pertama pasti seneng banget. Aku pribadi ngerasa dapet banyak ilmu dan insight apalagi narasumbernya adalah pak hakim langsung. Jadi banyak hal dan pandangan baru yang bisa bikin pandangan aku lebih objektif. Tapi Tournya kurang lama, mungkin karena waktu juga jadi belum explore semuanya. Semoga adik-adik aku nanti bisa explore lebih lama." Ucap Joseline salah satu siswi SMAK Penabur.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi siswa dan siswi agar lebih mengenal dan belajar tentang pengadilan. Melalui kegiatan eksplorasi langsung ke Pengadilan dapat memberikan pemahaman tentang lembaga peradilan. (IP.PR.ED21)

  • Galeri